ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free free search engine submission

Kamis, 08 Maret 2012

cara melindungi komputer dari berbagai macam virus

sebenarnya yang harus kita benar-benar ketahui adalah bahwa tidak ada antivirus yang yang 100% bisa menjaga komputer kita dari serangan-serangan virus, virus selalu berjalan berdampingan dengan teknologi, semakin canggih teknologi terutama komputer, semakin canggih pula virus yang akan tercipta dan siap menyusup ke komputer. banyak antivirus yang di sediakan, yang gratisan maupun yang bisa kita dapat dengan membeli, dari yang bisa mendeteksi ribuan virus sampai yang bisa mendeteksi jutaan. tapi yang harus diketahui sekali lagi, semua pasti punya kelemahan. berikut ini adalah 9 langkah yang apabila anda ikuti atau jalankan dengan benar, akan sangat mengurangi resiko terserang virus-virus mematikan :
1. buatlah backup secara teratur. harus diakui bahwa tidak ada cara perlindungan yang benar-benar aman. itulah maka harus selalu membuat update backup data. pembuat virus secara teratur menemukan lubang dalam produk-produk komputer baru yang bisa digunakan untuk menginfeksi sistem komputer. beberapa virus berbahaya dapat merusak file data atau bahkan menghapus seluruh file system. buatlah backup file data secara teratur ke perangkat penyimpanan file yang terpisah misalnya CD/DVD. untuk memudahkan prosedur ini anda dapat menggunakan beberapa perangkat lunak backup otomatis.

2. rela berkorban investasi. bersiaplah untuk menginstal ulang sistem komputer anda jika komputer anda mati karena virus. itu artinya anda harus mempunyai buku petunjuk instal ulang, atau anda harus belajar dengan teman anda yang bisa instal komputer .siapkan selalu CD installer yang dapat anda gunakan sewaktu-waktu. dalam hal ini jika infeksi virus menyebabkan kegagalan sistem, walaupun sudah scan komputer anda dengan antivirus terbaik andalan anda. maka tidak ada jalan lain anda harus menginstal ulang komputer anda.

3. lindungi koneksi jaringan komputer anda dengan firewall. firewall andalah sebuah perangkat lunak yang memblok koneksi yang berpotensi berbahaya untuk mencegah virus dari jaringan menembus ke dalam sistem komputer anda. sistem windows XP, windows Vista, windows 7 mempunyai fasilitas ini. jika anda memerlukan kendali lebih fleksibel dengan koneksi jaringan, anda bisa mencari dan menginstal perangkat lunak firewall yang lebih canggih seperti Norton Personal Firewall atau Outpost Firewall. jika anda menggunakan software ini anda memiliki kemampuan untuk mengizinkan atau memblokir koneksi tertentu dan untuk memonitor aktifitas jaringan.

4. gunakan perangkat lunak antivirus. instal perangkat lunak antivirus yang akan melakukan scan sistem komputer anda, mencari dan menghapus virus secara teratur.

5. update sistem operasi secara teratur. windows pada semua kelas memiliki built-in layanan update otomatis. secara teratur silahkan kontak website microsoft untuk menemukan pembaruan dan memberitahu anda jika update siap untuk di instal. pembaruan penting karena karena hacker secara teratur menemukan lubang dalam sistem operasi dan ini yang sering digunakan oleh pencipta virus.

6. jangan sembarang instal dan menjalankan perangkat lunak yang tidak anda kenal betul. periksa program-program baru yang akan anda instal dengan menggunakan antivirus. jangan download software dari website yang mencurigakan. untuk men-download perangkat lunak usahakan selalu cari website pencipta perangkat lunak atau distributor resmi. jangan sekali-kali membuka aplikasi yang diterima dari email orang tidak di kenal.

7. membatasi akses ke komputer anda. melindungi login ke sistem operasi dengan password agar orang tidak sembarang colok.

8. scan terlebih dahulu jika orang hendak memasukkan flash disk ke komputer anda. jangan biarkan sembarang orang colok lalu membuka flash disk atau disk eksternal ke komputer anda tanpa scan terlebih dahulu.

9. gunakan perlindungan spam. virus sering didistribusikan melalui email spam. aktifkan filter spam di kotak email anda untuk memblokir email spam. jika anda membutuhkan bantuan dengan menggunakan filter email, anda dapat meminta kepada penyedia email anda.

demikian tadi adalah cara-cara melindungi komputer anda dari berbagai macam virus. apabila anda mempunyai cara yang lain dan lebih ampuh, saya berharap anda bisa bagi ilmunya pada saya lewat kotak komentar. semoga bermanfaat untuk anda.
salam untuk para pengguna website, terutama untuk para blogger.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih saya ucapkan..
karena anda telah memberikan komenter pada artikel ini..
gabung dengan saya di facebook.com >> http://www.facebook.com/ganta.a.tasya
gabung dengan saya di twitter.com >> http://twitter.com/GantaArgaTasya
gabung dengan saya di blorner.com >> http://blorner.com/GATOT12/
gabung dengan saya di Google+.com >> http://plus.google.com/111785983690816699275/posts
gabung dengan saya di digg.com >> http://digg.com/gatots
gabung dengan saya di bloggers.com >> http://bloggers.com/GATOT12
gabung dengan saya di planet-blog.com >> http://www.planet-blog.com/user/6855

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Gatot Susilo | Bloggerized by Gatot Susilo - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting
Facebook Twitter Yahoo! Feeds Myspace