ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free free search engine submission

Sabtu, 03 Maret 2012

manfaat jahe untuk kesehatan

tahukah anda bahwa jahe dapat menambah gairah seks ? jahe dapat menjadi obat lemah syahwat atau impoten ? jahe juga bisa berfungsi sebagai anti kanker, anti inflamasi dan anti rematik ? jahe juga bisa berbahaya bagi ibu hamil karena jahe bisa berperan sebagai agen aborsi yang bersifat menggugurkan kandungan ? mari kita kenali lebih jauh lagi tentang jahe dan manfaatnya/khasiatnya.
Nama latin : 
Zingiber officinale Rosc. untuk jahe merah : Zingiber officinale varietas rubrum.

NAMA SIMPLISIA Zingiberis Rhizoma ; Rimpang Jahe


Nama daerah :
halia ( Aceh, Ambon ), bahing ( Batak, Karo ), sipadeh/sipodeh ( Sumatra Barat ), jahi ( Lampung ), jae ( jawa ), jahe ( Sunda ), jhai ( madura ), pese ( Bugis ), lali ( Irian ).

Nama Asing :
Ginger/Red Ginger ( Inggris ), Khan jiang ( China ), Gingembre ( French ), Chiang ( China ).

1. Impoten/Lemah Syahwat

siapkan 2 rimpang jahe sebesar ibu jari, 1 butir jeruk nipis, 1 butir telur ayam kampung, 1 sdt bubuk kopi, 1 sdm madu, dan sedikit bubuk merica. Cuci jahe, parut, tambahkan segelas air masak, lalu peras. tambahkan air jeruk nipis, kuning telur, kemudian campur dengan semua bahan lainnya. aduk sampai merata dan minum seminggu sekali.

resep lain untuk menambah gairah seks : jahe merah + ginseng, cabe jawa ( masing-masing 15 g ) + 20 g lada hitam direbus bersama dalam 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. minum masing-masing 1 gelas pada pagi dan sore hari, dengan menambahkan kuning telur satu butir dan 2 sendok makan madu murni.

2. Batuk

ambil 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, cuci bersih dan rebus dengan 2 gelas air. didihkan hingga tinggal tersisa 1 gelas, air rebusan jahe tersebut diminum 2 kali sehari, pagi dan sore hari.

3. Pegal-pegal

ambil 2 rimpang jahe sebesar ibu jari dan susu segar 2 gelas. rimpang jahe di cuci bersih, dibakar lalu di kuliti. rimpang tersebut di memarkan, kemudian direbus dengan susu segar. susu jahe diminum 2 kali sehari, pagi dan sore hari masing-masing 1 gelas.


4. Kepala pusing

ambil 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, cuci bersih, bakar dan memarkan. seduh dengan 1 gelas air, tambahkan sedikit madu atau gula aren, minum ramuan tersebut 1 gelas sekaligus.

5. Rematik

ambil 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, bakar kemudian cuci bersih dan parut. tempelkan parutan jahe bakar di bagian tubuh yang di serang rematik.

resep 2 : temulawak dan cabe jawa ( masing-masing 20 g ) + kumis kucing 30 g. cuci semua bahan, iris tipis rimpang jahe dan temulawak. rebus dalam 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. minum masing-masing segelas tiap pagi dan sore, tambahkan madu dan jeruk nipis untuk mengurangi rasa " jamu ".

6. Sakit pinggang

ambil 3 rimpang jahe dan 2 buah asam jawa yang sudah masak. cuci jahe, parut dan campur dengan asam jawa sampai merata. oleskan pada pinggang yang sakit.

7. Masuk angin

ambil 3 rimpang jahe sebesar ibu jari dan memarkan. masukkan ke dalam 2 gelas air bersih dan beri sedikit gula aren. didihkan selama 15 menit hingga airnya tinggal separuh, saring dan minum ketika masih hangat, lakukan 2 kali dalam sehari.

8. Untuk payudara indah dan montok

masukkan 2 ruas jahe segar yang telah di kupas kulitnya, ke dalam segelas susu murni yang panas. tambahkan satu sendok teh gula. minumlah menjelang tidur malam setiap hari.

9. Vitiligo ( bercak putih pada kulit karena kekurangan pigmen )

ambil 30 gr jahe, cuci bersih lalu di jus. balurkan jus pada kulit yang menderita vitiligo tersebut.

10. Terserang cacing gelang

ambil 60 gr jahe segar, cuci bersih, lumatkan, campur dengan segelas air. saring dan tambahkan madu  sendok makan. minum ramuan ini 3 kali dalam sehari.



sumber : http://www.ibujempol.com/tanaman-obat-keluarga-3-jahe-dan-khasiatnya/

2 komentar:

Terimakasih saya ucapkan..
karena anda telah memberikan komenter pada artikel ini..
gabung dengan saya di facebook.com >> http://www.facebook.com/ganta.a.tasya
gabung dengan saya di twitter.com >> http://twitter.com/GantaArgaTasya
gabung dengan saya di blorner.com >> http://blorner.com/GATOT12/
gabung dengan saya di Google+.com >> http://plus.google.com/111785983690816699275/posts
gabung dengan saya di digg.com >> http://digg.com/gatots
gabung dengan saya di bloggers.com >> http://bloggers.com/GATOT12
gabung dengan saya di planet-blog.com >> http://www.planet-blog.com/user/6855

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Gatot Susilo | Bloggerized by Gatot Susilo - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting
Facebook Twitter Yahoo! Feeds Myspace