ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free free search engine submission

Rabu, 08 Februari 2012

cara memilih sandi agar tidak mudah di bobol


berikut akan saya berikan tips-tips cara memilih sandi yang benar dan kuat dan di jamin sandi anda akan aman, karena dengan memilih sandi yang benar dan kuat, para hacker akan kebingungan jika akan membobol sandi akun anda. cara ini bisa membuat para hacker sandi pusing tujuh keliling. hehe
berikut ini cara memilih sandi yang kuat dan benar agar tidak mudah di bobol hacker :
1. gunakan sandi dengan mengkombinasikan huruf, angka, dan simbol

dengan angka, simbol, serta campuran huruf besar dan kecil, sandi anda akan semakin sulit di pecahkan. beberapa contoh sandi yang kuat misalnya :

N8*GLA_

_-_eoKi$

<S<j#%lW

_mE0n93$_

jika dengan sandi-sandi seperti contoh tersebut anda berfikir susah untuk di ingat, anda bisa, menyimpan sandi akun anda di sebuah buku atau komputer anda, ika anda menyimpannya di dalam folder pada komputer, simpanlah di folder yang sudah anda kunci.

2. buat sandi yang sulit ditebak oleh orang lain

pilihlah sandi unik yang tidak berhubungan dengan informasi pribadi anda. atau, pilih kata atau frase acak, lalu sisipkan huruf serta nomor kebagian awal, tengah, dan akhir agar sulit ditebak, misalnya " apIikYh@vviE9En ". menggunakan kata atau kalimat sederhana seperti " sandiku " atau " izinkansayamasuk ", pola keyboard seperti " qwerty " atau " qazwsx " atau pola berurutan seperti "abcd1234" akan membuat sandi anda mudah untuk ditebak atau dipecahkan. jangan memilih sandi yang mengandung nama atau username anda. jangan pula menggunakan kata-kata umum yang terdapat dalam kamus.

3. buatlah sandi dengan panjang karakter yang cukup

dianjurkan anda membuat sandi dengan panjang minimal 7 ( tujuh ) karakter. tentu anda pun bisa membuat sandi yang lebih panjang lagi demi keamanan.

4. jika anda menerapkan sistem password history ( perubahan berkala ), pastikan sandi baru anda berbeda jauh dengan sandi sebelumnya.

5. simpan pengingat sandi anda di tempat yang aman dan tidak mudah dilihat atau ditemukan orang lain.

jangan sekali-kali meninggalkan catatan berisi sandi di komputer atau meja anda. orang yang sekedar lewat atau meminjam komputer anda akan dapat mencuri informasi ini dengan mudah dan menggunakannya untuk menyusup ke akun anda.

6. pastikan opsi pemulihan sandi anda aman dan mutakhir

adalah suatu keharusan untuk memperbaharui alamat email pemulihan secara teratur agar anda dapat menerima email saat perlu menyetel ulang sandi. anda juga dapat menambahkan nomor ponsel untuk menerima kode penyetelan ulang sandi melalui pesan teks. selain itu, banak situs web ( termasuk Gmail ) akan meminta anda memilih pertanyaan sebagai verifikasi identitas jika anda lupa sandi. jika anda dapat membuat pertanyaan sendiri, cobalah menciptakan pertanyaan yang hanya anda yang mengetahui jawabannya. jawaban sebaiknya tidak mudah di tebak dengan menghindari informasi yang anda posting di profil jejaring sosial, blog, atau tempat lainnya.

jika diminta memilih pertanyaan dari daftar opsi, misalnya kota kelahiran, anda harus hati-hati karena pertanyaan ini cenderung tidak aman. berusahalah membuat jawaban yang unik dari pertanyaan yang sudah tersedia maupun dari pertanyaan yang anda buat sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih saya ucapkan..
karena anda telah memberikan komenter pada artikel ini..
gabung dengan saya di facebook.com >> http://www.facebook.com/ganta.a.tasya
gabung dengan saya di twitter.com >> http://twitter.com/GantaArgaTasya
gabung dengan saya di blorner.com >> http://blorner.com/GATOT12/
gabung dengan saya di Google+.com >> http://plus.google.com/111785983690816699275/posts
gabung dengan saya di digg.com >> http://digg.com/gatots
gabung dengan saya di bloggers.com >> http://bloggers.com/GATOT12
gabung dengan saya di planet-blog.com >> http://www.planet-blog.com/user/6855

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Gatot Susilo | Bloggerized by Gatot Susilo - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting
Facebook Twitter Yahoo! Feeds Myspace