ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free free search engine submission

Jumat, 27 Januari 2012

Strategi geografis ( Geographic Targeting ) dalam SEO


Disini ada dua strategi utama Geographic Targeting dalam SEO yang bisa dipilih, yaitu :

1. Menyasar ke wilayah geografis tertentu ( strategi geografis ), yaitu :

>> buatlah subdomain atau subdirektori dalam bahasa ibu ( native language ) yang menjadi target geografis ( gunakan bahasa jerman kalau anda mengincar pengunjung dari jerman ) dan fokuskan target geografis pada Webmaster Central.
>> tempatkanlah konten subdomain pada server hosting di lokasi yang jadi sasaran.
>> bangun backlink dari TLD yang serupa.

2. Menyasar ke bahasa tertentu ( strategi bahasa ), yaitu :

>> buatlah subdirektori untuk navite language tertentu ( misal, www.situsanda.com/nl ) untuk bahasa belanda).
>> bangun backlink dari situs dalam bahasa yang sama dengan bahasa subdirektori.
>> jangan gunakan Geographic Targeting ( strategi geografis ).

dan berikut ini catatan penting mengenai Optimalisasi Geographic Targeting SEO, yaitu :

1. jika anda hanya ingin memfokuskan dan menarget bahasa tertentu dengan subdirektori, maka tidak perlu melakukan optimalisasi Gographic Targeting ( strategi geografis ).

2. anda juga bisa menjalankan strategi atau targeting bahasa dengan subdomain selain sebdirektori, tapi jika anda memiliki gTLD ( generic Top Level Domain ) dot com, gunakanlah subdirektori, bukan subdomain.

3. judul situs dan halaman-halaman situs, serta konten pada subdirektori atau subdomain harus dalam bahasa ibu ( navite language ), lalu menggunakan istilah-istilah khas dari bahasa tersebut.

4. jika menggunakan subdomain, anda berikan tautan ( link ) dari situs utama. setiap subdomain memiliki sitemap masing-masing.

5. pada meta tags dan konten, anda gunakan terminologi yang tepat ( misal, jika anda membayar US dan UK, kemudian situs anda menjual celanadan sweater maka pants dan sweater cocok untuk US, sedangkan trouser dan jumper lebih cocok untuk UK ).

6. pada saat melakukan link building, anda dapatkan backlink dari TLD yang serupa ( misal, tautan dari .nl untuk domain .nl dan berisi bahasa belanda, atau .web.id menaut ke .co.id dengan konten bahasa indonesia ).

7. jika TLD situs anda berjenis ccTLD ( country code Top Level Domain ) seperti .fr atau .de atau .id maka anda tidak usah repot-repot menjalankan strategi geografis, karena sudah otomatis terkait dengan regional peruntukannya, lalu tinggal menempatkan saja pada server hosting yang tepat.

untuk itulah bila anda mempunyai situs dengan TLD seprti .com dan .co.uk, serta wilayah US dan UK yang memang menjadi target SEO anda, maka tidak usah lagi memikirkan strategi geografis (geographic targeting).

namun, jika jika ingin menjalankan Geographic Targeting dan Language Targeting secara sekaligus maka untuk pertama kalinya, anda harus membuat subdirektori dengan konten dalam native language dan mengacu pada log traffic ( bisa menggunakan Google Analytics ). lihatlah asal visitor yang banyak mengunjungi anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih saya ucapkan..
karena anda telah memberikan komenter pada artikel ini..
gabung dengan saya di facebook.com >> http://www.facebook.com/ganta.a.tasya
gabung dengan saya di twitter.com >> http://twitter.com/GantaArgaTasya
gabung dengan saya di blorner.com >> http://blorner.com/GATOT12/
gabung dengan saya di Google+.com >> http://plus.google.com/111785983690816699275/posts
gabung dengan saya di digg.com >> http://digg.com/gatots
gabung dengan saya di bloggers.com >> http://bloggers.com/GATOT12
gabung dengan saya di planet-blog.com >> http://www.planet-blog.com/user/6855

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Gatot Susilo | Bloggerized by Gatot Susilo - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting
Facebook Twitter Yahoo! Feeds Myspace